Mengenal Bagian-bagian dari Piano

Teman-teman, pastilah ingin bisa memainkan piano dengan baik. Sebelum mulai belajar memainkan piano, alangkah baiknya teman-teman mengenal dulu bagian-bagian dari Piano. Alat music ini memiliki 5 bagian umum yang perlu dikenali, yaitu body, tuts, pedal, dawai dan martil. Kesemua bagian itu merupakan bagian penting karena berpengaruh terhadap bunyi yang dihasilkan oleh piano. Yuk kita bahas satu persatu


Tuts Piano / Keyboard

Tuts piano (istilah dalam bahasa inggris adalah keyboard) merupakan bagian yang digunakan untuk memainkan piano, pasti teman-teman tahu yang mana. Yap benar! Bagian yang berwarna hitam dan putih. Awal mulanya, tuts piano hanya berwarna putih, lho. Namun agar semakin mempermudah digunakan, warna tuts-pun diganti menjadi hitam dan putih untuk membantu membedakan nadanya.

Martil / Hammer

Martil adalah bagian piano yang berbentuk seperti palu, berfungsi untuk memukul dawai. Ketika teman-teman menekan tuts, maka sebuah tuas akan membuat martil terangkat dan memukul dawai sehingga terciptalah suara dan nada.



Dawai / Strings

Dawai adalah bagian piano yang sebenarnya menghasilkan suara dan nada. Ketika dipukul dengan menggunakan martil, dawai akan menimbulkan suara berdenting. Nah, dawai pada piano perlu distem secara tepat supaya nada yang dihasilkan tidak false.

Pedal 


Pedal memiliki peran penting dalam menentukan suara yang dihasilkan oleh piano. Pedal merupakan tempat penutup piano yang berfungi untuk mengeluarkan suara yang lebih lantang dan kuat dibuka secara lebar. Semakin rendah anda menurunkan tutup piano. Maka akan semakin jernih pula lah suara yang dihasilkan oleh piano tersebut.

Pada piano umumnya ada 2 sampai 3 pedal.
1. Pedal sustain : untuk membuat suara bergema lebih lama.
2. Pedal caleste : untuk melembutkan suara.
3. Pedal una corda : untuk mendekatkan jarak martil dengan dawai.

Body 


Body piano juga memiliki fungsi pada piano, yakni mengakibatkan gema pada piano. Ketika martil memukul dawai piano dan menghasilkan nada, nada tersebut akan diteruskan ke ruang kecil yang disiapkan. Ruangan gema inilah yang memastikan keras lembutnya nada dan type nada yang dihasilkan.

Itulah 5 bagian penting pada piano yang perlu anda ketahui sebelum mulai belajar piano. Sudah siap belajar memainkan piano dengan teknik yang tepat? Hubungi Kythara!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar